14 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi
2/07/2018
Edit
Lowongan Daftar Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi - Setiap manusia pasti membutuhkan komunikasi, tidak ada yang tidak membutuhkan komunikasi. Segala hal yang kita lakukan, dalam tujuan apapun, tentu memerlukan proses komunikasi. Proses menyampaikan pesan dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media atau cara hingga akhirnya menimbulkan suatu efek atau timbale balik, mungkin terlihat begitu sederhana. Namun, apa sih yang sebenarnya dipelajari di dunia komunikasi ini?
Seiring dengan berkembangnya zaman, waktu dan teknologi yang kian pesat, tentu segala unsure hidup kita menerima banyak pengaruh dari hal – hal baru. Hal – hal baru tersebut tentu mempengaruhi cara kita berkomunikasi. Cara berkomunikasi manusia jaman purba, jaman 90-an, dan saat ini, tentu berbeda – beda bukan? Nah, dengan menjunjung tinggi modernitas, studi Ilmu Komunikasi terus menjadi bidang ilmu yang kritis untuk selalu menyajikan strategi yang tepat untuk menyampaikan suatu pesan, tergantung pada konteksnya, unsurnya, hingga isi pesannya.
Seperti yang kita ketahui, studi Ilmu Komunikasi memiliki cabang yang cukup banyak. Broadcasting, jurnalistik, public relations, advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, komunikasi bisnis, dan masih banyak lagi. Biasanya, bila kita memilih salah satu dari cabang Ilmu Komunikasi tersebut, kita juga paham akan cabang – cabangnya yang lain. Namun, pada cabang Ilmu Komunikasi yang kita pilih itulah kita akan menjadi ahli di dalamnya. Lantas, apa saja sih, prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi dengan gelar S.Ikom ini? Yuk, kita simak bersama – sama.
Itulah 14 prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Sesuaikah dengan minat kamu?
Untuk kamu yang merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saya bahas di atas, jangan khawatir. masih banyak prospek kerja ilmu komunikasi lainnya yang bisa kamu eksplorasi sendiri. Sangat banyak pilihan prospek kerja ilmu komunikasi bagi kamu yang tertarik untuk mempelajarinya. Prospek kerja ilmu komunikasi tersebut bahkan bisa kamu pilih sesuai minat dan bakatmu. Contohnya lulusan ilmu komunikasi yang mahir bermain gitar bisa menjadi seorang product specialist gitar atau alat musik lainnya. Tetap tekuni studimu di ilmu komunikasi dan berjuanglah menjadi apa yang kamu inginkan.
Sumber : berkuliah dan glints
![]() |
| sumber : academia.edu |
Seperti yang kita ketahui, studi Ilmu Komunikasi memiliki cabang yang cukup banyak. Broadcasting, jurnalistik, public relations, advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, komunikasi bisnis, dan masih banyak lagi. Biasanya, bila kita memilih salah satu dari cabang Ilmu Komunikasi tersebut, kita juga paham akan cabang – cabangnya yang lain. Namun, pada cabang Ilmu Komunikasi yang kita pilih itulah kita akan menjadi ahli di dalamnya. Lantas, apa saja sih, prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi dengan gelar S.Ikom ini? Yuk, kita simak bersama – sama.
14 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan
1. Broadcaster / Tenaga di dunia penyiaran
Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu prospek kerja yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat. Nah, dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Bidang kerja broadcasting biasanya ditempatkan di stasiun televisi, radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.2. Jurnalis
Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Studinya yang mempelajari bagaimana mengemas suatu berita menjadi sebaik mungkin untuk dapat disebarkan ke masyarakat luas, merupakan salah satu bentuk bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media. Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa diperoleh dari mempelajari jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak.3. Announcer dan presenter
Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain. Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.4. Master of Ceremony (MC)
Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang dipelajari dalam studinya.5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
Mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations atau humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik. Menantang, bukan?6. Event Organizer
Merancang perhelatan event yang besar, mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga mengatur acar sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik, adalah beberapa wujud tujuan dari strategi seorang event organizer. Melalui sebuah event, sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara. Disitulah tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat asyik, lho. Seperti bekerja sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang cukup fantastis. Tertarik?7. Praktisi periklanan / Advertising
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan? Salah satu dalang dan tangan – tangan kreatif di balik berbagai iklan yang bertebaran di berbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi, lho. Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik, kan! Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan lain – lain.8. Marketing Communications
Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk manis di kantor, menyusun dan merancang strategi – strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi marketing communications tidak semata – mata mengedepankan unsure pemasaran dari ilmu bisnis saja. Lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan dapat mejadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau seperti apa tujuan yang diharapkan. Hal ini tentu menantang bagi siapapun yang menjalaninya.9. Penulis
Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan manusia adalah melalui sarana tulisan. Kekuatan tulisan yang bersifat abadi mampu mendokumentasikan bermacam informasi, dari ilmu pengetahuan, sastra hingga teknologi. Maka dari itu, penulis bisa menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi. Seorang sarjana komunikasi bisa menjadi penulis sesuatu yang bersifat informatif seperti artikel berita hingga hiburan seperti novel. Tidak hanya itu, proses penyuntingan yang biasa dilakukan oleh seorang editor juga masuk ke dalam prospek kerja ilmu komunikasi. Keahlian menulis, penguasaan tata bahasa, serta ketelitian yang tinggi menjadi senjata bagi lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti pekerjaan ini.
Prospek kerja ilmu komunikasi lainnya yang masih berada dalam dunia penulisan adalah Scriptwriter. Tugasnya adalah menulis script sebuah karya audiovisual seperti film dan sinetron. Selain kemampuan mengkomunikasikan ide yang dipelajari di bangku kuliah studi komunikasi, kepekaan imajinasi juga menjadi modal bagi kamu yang ingin menggeluti prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini.
10. Periklanan
Masih dalam bidang media, menjadi seorang Copywriter di bidang periklanan juga bisa menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Dalam pekerjaan ini, kemampuan yang dituntut dari sarjana ilmu komunikasi adalah penggunaan bahasa verbal dan nonverbal yang mampu mempersuasi masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan. Seorang Copywriter dalam bidang periklanan biasa menulis brosur, kemasan produk, hingga jingle iklan.
Ada beberapa prospek kerja ilmu komunikasi lainnya di bidang periklanan, seperti departemen media, yang bertugas menempatkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kemungkinan tinggi untuk dilihat oleh para konsumen. Kemudian ada departemen perencanaan yang memberi saran dan mengembangkan fokus iklan menggunakan wawasan mereka tentang bagaimana konsumen menggunakan komunikasi pemasaran. Pekerjaan ini berfungsi sebagai perantara klien dan agency periklanan.
11. Hubungan Masyarakat
Ilmu komunikasi sangat bisa diaplikasikan dalam menjadi penghubung antara suatu instansi dengan masyarakat luas. Prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya adalah menjadi seorang spesialis hubungan masyarakat atau biasa disebut public relation (PR). Dalam menghubungkan sebuah instansi dengan masyarakat, public relation berfungsi mendesain brand image dari suatu instansi, yaitu bagaimana kesan yang dicitrakan instansi tersebut di mata masyarakat. Selain itu, hubungan masyarakat dari kantor pemerintah juga bisa menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Ada bermacam media yang bisa digunakan untuk branding, seperti media sosial, pernyataan publik melalui pers, hingga penyelenggaraan atau sponsorship suatu event.
Sebagai prospek kerja ilmu komunikasi, public relation juga berfungsi sebagai kontrol pers saat instansi tempatnya bekerja mengalami suatu krisis atau skandal. Public relation mengkoordinasikan kemunculan instansi di media serta mengatur berita tentang instansinya yang akan dirilis pada publik.
12. Pembaca Berita
Banyak lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini. Pembaca berita baik di televisi maupun radio bertanggung jawab untuk menyampaikan kabar sehari-hari kepada publik melalui media tersebut. Prospek kerja ilmu komunikasi ini juga harus mampu mempersiapkan berita dari membaca, menginterpretasi, menulis, hingga mengkomunikasikannya. Dalam situasi spesifik seperti pada breaking news, para pembaca berita harus mampu berpikir cepat untuk memilah dan menyampaikan informasi-informasi yang relevan untuk diketahui publik tanpa bias, sekaligus dengan kepekaan pada peristiwa yang terjadi di lapangan.
13. Analis Riset Pasar
Untuk dapat membuat suatu produk yang secara efektif dan efisien mampu terjual kepada pasar yang tepat, produsen biasanya melakukan riset dan analisis terhadap pasar. Pekerjaan di bidang ini juga dapat menjadi prospek kerja ilmu komunikasi. Seorang analis riset pasar bertugas mendesain alat-alat yang digunakan untuk mengukur efektivitas produk pada pasar. Alat-alat tersebut seperti kuesioner, polling, dan survei. Selain itu riset pasar yang dilakukan juga berfungsi untuk melakukan pengujian terhadap strategi pemasaran serta mencari tahu kebutuhan dan keinginan basis konsumen.
Analisis riset pasar tersebut harus dilakukan secara mendalam serta membutuhkan keahlian komunikasi dan analisis data. Dengan melakukan analisis tersebut serta memikirkan bagaimana cara perusahaan mengkomunikasikan dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki, prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini dapat membantu perusahaan produsen meningkatkan keuntungan dan kepuasan konsumen.
14. Sales
Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini masih berhubungan dengan produk dan konsumen. Salesperson, atau juga disebut sebagai Account Executive, Sales Agent, atau Sales Representative, menjual produk dan jasa dengan fokus untuk membuat konsumen yang loyal. Prospek kerja ilmu komunikasi ini sangat bersifat personal, kemampuan komunikasi dan berjejaring masing-masing pribadi Salesperson sangat berpengaruh pada kesuksesan kariernya.
Meskipun kecanggihan teknologi dapat mempermudah pekerjaan Salesperson untuk melakukan komunikasi dengan klien via telepon atau internet, kemampuan komunikasi secara langsung masih sangat dibutuhkan, karena tidak jarang mereka harus bertatap muka langsung dengan klien. Jika kamu memiliki kemampuan untuk mempersuasi calon konsumen, prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini sangat sayang untuk kamu lewatkan.
Itulah 14 prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Sesuaikah dengan minat kamu?
Untuk kamu yang merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saya bahas di atas, jangan khawatir. masih banyak prospek kerja ilmu komunikasi lainnya yang bisa kamu eksplorasi sendiri. Sangat banyak pilihan prospek kerja ilmu komunikasi bagi kamu yang tertarik untuk mempelajarinya. Prospek kerja ilmu komunikasi tersebut bahkan bisa kamu pilih sesuai minat dan bakatmu. Contohnya lulusan ilmu komunikasi yang mahir bermain gitar bisa menjadi seorang product specialist gitar atau alat musik lainnya. Tetap tekuni studimu di ilmu komunikasi dan berjuanglah menjadi apa yang kamu inginkan.
Sumber : berkuliah dan glints
