-->

Daftar Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik

13 Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia - Jurusan psikologi saat ini menjadi salah satu jurusan yang di minati oleh sejumlah lulusan sekolah menengah atas yang ada di indonesia. Hal tersebut di karenakan oleh beragam faktor yang melatar belakanginya, mulai dari karakteristik jurusan psikologi itu sendiri, akses lapangan pekerjaan yang lebih mudah, hingga ke unikan jurusan psikologi yang memang berbeda dari jurusan yang lainnya. Akibatnya saat ini banyak universitas yang mulai untuk membuka jurusan psikologi di kampusnya.
13 Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia
sumber : youthmanual.com
Ada universitas yang memang memiliki status favorit dan terbaik namun ada pula universitas yang jurusan psikologinya tak begitu di favoritkan, oleh para calon mahasiswa baru di setiap tahunnya. Universitas terbaik ini di dasarkan pada akriditasinya yang mencakup nilai A oleh Ban-PT. Berikut ini adalah 13 Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia, menurut versi ban-pt universitas. Selamat membaca.

13 Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik


1. Universitas Indonesia

13 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia. Lahirnya jurusan Psikologi di Indonesia salah satu asal muasalnya adalah dari Universitas Indonesia. Sejarah itu dimulai ketika Prof. Dr. Slamet Iman Santoso yang memberikan pidato ilmiah atas pengukuhannya sebagai guru besar Universitas Indonesia dalam rangka Dies Natalis UI pada tahun 1952. Sebagai kelanjutan dari pidato tersebut, di lingkungan kementrian pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan (PP7K), di tanggal 3 Maret 1953 akhirnya di selenggarakanlah kursus Asisten Psikologi, yang di pimpin oleh Prof. Dr. Selamet itu sendiri. 

Tak lama setelah itu, oleh kementrian PP&K di dirikanlah Lembaga Psikologi, yang pada akhirnya nanti berubah statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang memang secara langsung berada di bawah pimpinan UI. Dan pada akhirnya berdirilah Fakultas Psikologi yang diresmikan oleh Mentri Pendidikan dan pengajaran pada tanggal 1 Juli 1960.

Jurusan Psikologi di UI telah banyak melahirkan para peneliti, dan para tokoh. Selain memang  bapak psikologi indonesia sendiri pak Slamet Iman Santoso yang berasal dari UI masih ada banyak lagi tokoh yang berasal dari universitas Indonesia. salah satunya adalah Seto Mulyadi atau yang kerap di sapa kak seto. Ia merupakan tokoh psikolog anak di Indonesia.

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gajah mada yang hampir seluruh jurusannya menjadi favorit dan dikatakan memiliki akreditas baik ini memang masih menjadi yang terbaik di indonesia. Begitu pula dengan jurusan psikologinya. Penilaian UGM menjadi universitas dengan jurusan psikologi terbaik ini dikarenakan oleh beberapa faktor pendukung lainnya, yaitu kualitas pendidikan dosen pengajarnya, fasilitas kampus, jumlah penelitian, dan kegiatan mahasiswanya, hingga rata-rata angka kelulusan mahasiswa. Beberapa guru besar UGM pun tak jarang menghiasi buku-buku panduan mahasiswa psikologi yang ada di indonesia.

3. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga adalah universitas yang berlokasi di Surabaya, tepatnya di jalan Airlangga No. 4-6 Surabya untuk jurusan psikologinya. Dikatakan salah satu yang terbaik di indonesia karena sejumlah fasilitas seperti laboratoriumnya menjadi salah satu yang terlengkap di indonesia, untuk jurusan psikologi. Selain itu keunggulan dari jurusan psikologi di Universitas Airlangga adalah bidang industrinya yang memang menjadi yang terbaik di indonesia.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Berdirinya Fakultas Psikologi UNPAD terhitung di muali dari tanggal 1 September 1961 melalui SK Mentri PTIP No. 037/SEK/PU/61. Dan di resmikan pada tanggal 2 September 1961.

Jurusan psikologi unpad merupakan salah satu jurusan psikologi yang menghasilkan lulusan terbaik  di indnonesia. Jurusan psikologi di Unpad bandung ini pun memasukan jurusan psikologi ke dalam lingkup bidang ilmu pengetahuan lainnya. Hal itu dikarenakan, memang banyak sekali lulusan psikolog di bidang klinis yang berasal dari Universitas Padjajaran.

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Fakultas Psikologi Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini telah berdiri sejak tahun 1993. Semenjak berdiri hingga pada tahun 2010 tersebut, fakultas psikologi telah meluluskan hingga 1.459 Sarjana psikologi yang sudah bekerja di berbagai instansi dan perusahaan di seluruh indonesia. semenjak 2000 hingga saat ini, fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah tiga kali berturut-turut meraih Akreditasi A dari Ban PT.

6. Universitas Sanata Dharma

Telah didirikan sejak tahun 1996 oleh Dirjen Pendidikan tinggi dan kebudayaan RI No. 162/DIKTI/Kep/1996 tanggal 4 Juni. Universitas ini menjadi salah satu peraih Akreditasi A untuk jurusan psikologi di Indonesia. Disamping itu fasilitas pendukung yang terbilang lengkap, menjadikan Jurusan Psikologi Universitas Sanata Dharma masuk ke dalam 10 Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia.

7. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhamadiyah malang yang juga di kenal sebagai kampus putih ini, memiliki jurusan psikologi yang termasuk ke dalam 10 terbaik di indonesia. Hal tersebut dikarenakan akreditasinya yang A, di samping itu Universitas Muhamadiyah malang telah melahirkan banyak psikolog profesional di bidangnya. Para lulusannya pun banyak menjadi dosen di beberapa universitas yang memiliki jurusan psikologi.

8. Universitas Gunadarma

Universitas yang identik dengan warna ungunya ini menjadi salah satu Universitas yang memiliki jurusan psikologi terbaik di indonesia, yang berdasarkan Akreditas oleh BAN PT. Fakultas Psikologi Gunadarma hanya memiliki 1 pilihan dari program studi, yaitu prodi psikologi. Program studi psikologi telah mendapatkan akreditasi A semenjak tahun 2005 dengan berdasarkan surat keputusan BAN-PT No.002/BAN-PT/Ak-VIII/S1?II?2005.

9. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Meskipun merupakan kampus agama, UIN Syarif Hidayatullah juga menggelar pendidikan dengan jurusan umum seperti psikologi. Jurusan psikologi UIN Syarif Hidayatullah sendiri baru dibuka pada tahun 1995. Meskipun bisa dibilang cukup muda namun kampus agama ini berhasil membawa prodi psikologinya sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

10. Universitas Taruma Negara

Satu lagi kampus swasta dengan pendidikan psikologi terbaik adalah Universitas Tarumanagara (Untar). Fakultas Psikologi Untar sendiri telah dirintis sejak 1981, sudah cukup matang dalam menghasilkan lulusan-lulusan terbaik.

11. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) merupakan kampus swasta yang juga menghadirkan pendidikan psikologi terbaik. Hal itu menjadikannya mampu mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

12. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan kampus agama swasta yang telah dikenal sebagai kampus swasta nasional tertua di Indonesia. Usia yang sudah sangat matang tentu sebanding dengan kualitas pendidikan yang diberikan. Salah satu jurusan terbaik di UII adalah psikologi, yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

13. Universitas Persada Indonesia Yai

Universitas Persada Indonesia Yai merupakai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang telah berdiri semenjak tahun 1985. Prodi psikologi PTS ini sudah diakreditasi A oleh BAN-PT yang membuktikan bawah Universitas Persada Indonesia Yai tidak main-main dalam mengelola pendidikan tinggi.

Nah, itulah tadi beberapa tempat kuliah jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang penting. Apabila kamu ingin mengambil kuliah di jurusan ini, barangkali daftar yang kami buat di atas bisa jadi bahan pertimbanganmu. Semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel